4.Apakah Sunan Giri keturunan cina
Menurut kronik tionghoa dari klenteng semarang,diceritakan
bahwa pada tahun 1479 M, ada seorang putera dan seorang murid Bong Swi Hoo(Sunan
Ampel) datang melihat-lihat galangan kapal dan klenteng sam po kong di
semarang.Mereka itu tidak pandai berbahasa tionghoa.
Kedua orang itu adalah sunan bonang dan sunan giri,yang
keduanya adalah peranakan tionghoa belaka.Walaupun keduanya adalah keturunan tionghoa,namun
tidak dapat berbahasa tionghoa karena kedua orang tersebut sejak kecil diasuh
oleh Bong Swi Hoo atau sunan ampel dalam masyarakat islam jawa.Kedatanga kedua
orang tersebut di semarang mungkin dalam rangka perjalanannya pulang dari
malaka,sebagaimana yang dicatat dalam serat Kanda.
Sejak tahun 1451 M, Bong Swi Hoo atau raden rakhmad atau
sunan ampel meninggal masyarakat tionghoa islan di bangil,kemudian pindah ke
muara suagi brantas sebelan kanan (kali mas).Disitulah sunan ampel membentuk
masyarakat islam jawa.Bahasa yang dipergunakan
adalah bahasa jawa.Karena tempat masyarakat islam jawa yang dipimpin
bong swi hoo atau raden rakhmad di muara kali mas itu bernama kampung
ampel,maka terkenallah bong swi hoo ini sebagai sunan ampel.
Adapun sunan ampel atau reden rakhmad adalag putera Makhdum
Ibrahim di campa.Ia adalah kemenakan puteri Campa dwarawati yang kawin dengan
prabu brawijaya ,raja majapahit.Sebenarnya kedatangan raden rakhmad (bong swi
hoo) ke jawa tahun 1445 adalah tuga bong s dari kakeknya.Kakeknya bong swi hoo
bernama bong tak keng yang pada tahun 1419 M ditugaskan oleh laksamana san po
bo untuk mengepalai masyarakat tionghoa islam di campa. Cucu bong tak keng yang
bernama bong swi hoo(raden rakhmad) inilah yang pada tahun 1445 M dikirim
kakenya ke palembang untuk membantu kapten cina di palembang yang bernama swan
liong (arya damar).Swan Liong atau arya damar ini mempunyai anak bernama Kin San(Kusen).Karena
swan liong telah mempercayai bong swi hoo,maka bong swi hoo tahun itu juga
dikirim ke jawa untuk menghadap kapten cina di tuban yang bernama gan eng cu(ariya
teja).Gan eng cu mempunyai anak perempuan bernama Ni Gede Manila.Ni Gede Manila
ini diambil isteri oleh bong swi hoo.Jadi bong swi hoo adalah menantu gan eng
cu.Perkawinan bong swi hoo dengan ni gede manila berlangsung pada tahun 1447
M.Kemudian,pernikahan antara bong swi hoo dengan ni gede manila ini menurukan
putera yang bernam sunan bonang.
Adapun tentang sunan giri,beliau juga keturuan dari bangsa
cina.Sebagaimana telah dijelaskan diatas,bahwa pada tahun 1419 M laksamana sam
po bo menempatkan bong tak keng di campa untuk mengepalai masyarakat islam di
campa.Bong tak keng ini mempunyai beberapa anak laki-laki.Diantara anak
laki-lakinya bernama makhdum ibrahim yang menurukan putera bernama bong swi hoo
atau sunan ampel.Dan diantara anak laki-lakinya bong tak keng lagi ada yang
bernama sayyid ishak ini lah memperistrikan seorang puteri dari anak raja
blambangan bernama dewi sekardadu.Dengan pernikahannya dengan sekardadu,sayyid
ishak mempunyai anak laki-laki bernama raden paku atau sunan giri.
Alhasil,sunan bonang atau sunan giri adalah keturunan cina
belaka.Demikianlah pemberitaan dari dokumen yang didapat dari klenteng
semarang.Karena sunan giri sejak kecil hidup dalam masyarakat islam jawa yang
beragama islam bersama sunan bonang dan sunan ampel,maka keduanya tidak bisa
berbahasa tionghoa.
Betulkan sunan bonang dan sunan giri adalah keturunan bangsa
cina?.dalam masalah ini ada beberapa pendapat,ada yang pro dan ada yang kontra
dan ada pula yang mendiamkan begitu saja karena kaburnya sumber-sumber atau
bukti-bukti yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar