Translate

Jumat, 22 Juli 2016

4.Apakah Sunan Giri keturunan cina

4.Apakah Sunan Giri keturunan cina

Menurut kronik tionghoa dari klenteng semarang,diceritakan bahwa pada tahun 1479 M, ada seorang putera dan seorang murid Bong Swi Hoo(Sunan Ampel) datang melihat-lihat galangan kapal dan klenteng sam po kong di semarang.Mereka itu tidak pandai berbahasa tionghoa.
Kedua orang itu adalah sunan bonang dan sunan giri,yang keduanya adalah peranakan tionghoa belaka.Walaupun keduanya adalah keturunan tionghoa,namun tidak dapat berbahasa tionghoa karena kedua orang tersebut sejak kecil diasuh oleh Bong Swi Hoo atau sunan ampel dalam masyarakat islam jawa.Kedatanga kedua orang tersebut di semarang mungkin dalam rangka perjalanannya pulang dari malaka,sebagaimana yang dicatat dalam serat Kanda.

Sejak tahun 1451 M, Bong Swi Hoo atau raden rakhmad atau sunan ampel meninggal masyarakat tionghoa islan di bangil,kemudian pindah ke muara suagi brantas sebelan kanan (kali mas).Disitulah sunan ampel membentuk masyarakat islam jawa.Bahasa yang dipergunakan  adalah bahasa jawa.Karena tempat masyarakat islam jawa yang dipimpin bong swi hoo atau raden rakhmad di muara kali mas itu bernama kampung ampel,maka terkenallah bong swi hoo ini sebagai sunan ampel.
Adapun sunan ampel atau reden rakhmad adalag putera Makhdum Ibrahim di campa.Ia adalah kemenakan puteri Campa dwarawati yang kawin dengan prabu brawijaya ,raja majapahit.Sebenarnya kedatangan raden rakhmad (bong swi hoo) ke jawa tahun 1445 adalah tuga bong s dari kakeknya.Kakeknya bong swi hoo bernama bong tak keng yang pada tahun 1419 M ditugaskan oleh laksamana san po bo untuk mengepalai masyarakat tionghoa islam di campa. Cucu bong tak keng yang bernama bong swi hoo(raden rakhmad) inilah yang pada tahun 1445 M dikirim kakenya ke palembang untuk membantu kapten cina di palembang yang bernama swan liong (arya damar).Swan Liong atau arya damar ini mempunyai anak bernama Kin San(Kusen).Karena swan liong telah mempercayai bong swi hoo,maka bong swi hoo tahun itu juga dikirim ke jawa untuk menghadap kapten cina di tuban yang bernama gan eng cu(ariya teja).Gan eng cu mempunyai anak perempuan bernama Ni Gede Manila.Ni Gede Manila ini diambil isteri oleh bong swi hoo.Jadi bong swi hoo adalah menantu gan eng cu.Perkawinan bong swi hoo dengan ni gede manila berlangsung pada tahun 1447 M.Kemudian,pernikahan antara bong swi hoo dengan ni gede manila ini menurukan putera yang bernam sunan bonang.

Adapun tentang sunan giri,beliau juga keturuan dari bangsa cina.Sebagaimana telah dijelaskan diatas,bahwa pada tahun 1419 M laksamana sam po bo menempatkan bong tak keng di campa untuk mengepalai masyarakat islam di campa.Bong tak keng ini mempunyai beberapa anak laki-laki.Diantara anak laki-lakinya bernama makhdum ibrahim yang menurukan putera bernama bong swi hoo atau sunan ampel.Dan diantara anak laki-lakinya bong tak keng lagi ada yang bernama sayyid ishak ini lah memperistrikan seorang puteri dari anak raja blambangan bernama dewi sekardadu.Dengan pernikahannya dengan sekardadu,sayyid ishak mempunyai anak laki-laki bernama raden paku atau sunan giri.

Alhasil,sunan bonang atau sunan giri adalah keturunan cina belaka.Demikianlah pemberitaan dari dokumen yang didapat dari klenteng semarang.Karena sunan giri sejak kecil hidup dalam masyarakat islam jawa yang beragama islam bersama sunan bonang dan sunan ampel,maka keduanya tidak bisa berbahasa tionghoa.

Betulkan sunan bonang dan sunan giri adalah keturunan bangsa cina?.dalam masalah ini ada beberapa pendapat,ada yang pro dan ada yang kontra dan ada pula yang mendiamkan begitu saja karena kaburnya sumber-sumber atau bukti-bukti yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar